SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA JURUREJO KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI

Artikel

Bersih Dusun Mardiasri Desa Jururejo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi ,Meriah dengan Seni Budaya dan Tradisi

16 Agustus 2024 16:12:41  Administrator  81 Kali Dibaca  Berita Desa

Jururejo.desa.id,- Pada hari Jum'at Kliwon, tanggal 16 Agustus 2024, Dusun Mardiasri, Desa Jururejo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, menggelar acara Bersih Dusun Mardiasri yang dimeriahkan dengan berbagai seni budaya Jawa. Acara ini merupakan perayaan untuk menghormati dan melestarikan warisan budaya leluhur.

Salah satu highlight acara ini adalah seni Gambyong dan tari orek orek khas kota Ngawi, yang telah turun-temurun dijaga keberlangsungannya.

Gambyong, dalam balutan seni Karawitan, menggambarkan keindahan dan keanggunan tradisi nenek moyang. Sementara tari orek orek, yang dulunya menyambut bangsawan, kini menjadi upaya untuk membangkitkan minat generasi muda terhadap seni tradisional.

Andri Kepala Desa Jururejo, mengungkapkan bahwa acara ini tidak hanya untuk melestarikan budaya, tetapi juga sebagai bentuk sedekah kepada sesama. Dana untuk acara ini sebagian besar berasal dari masyarakat setempat, dan dengan dukungan Pemerintah Desa Jururejo.

Acara dibuka dengan doa bersama untuk leluhur dan memohon berkah dari Allah SWT. Doa dipimpin oleh Gunawan Modin Dusun Mardiasri.

"Semoga acara ini tidak hanya menjaga keberlanjutan budaya tetapi juga melindungi serta memberkahi masyarakat Dusun Mardiasri selalu.Pungkas Andri

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Siliwangi 03, Pandansari Selatan, Ngawi
Desa : Jururejo
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63215
Telepon :
Email : desajururejo.ngawi@gmail.com